Press "Enter" to skip to content

Pentingnya Membuat AKTA KELAHIRAN dan AKTA KEMATIAN

0

Pentingnya Membuat AKTA KELAHIRAN Dan AKTA KEMATIAN

AKTA KELAHIRAN

Negara wajib melindungi dan memberikan pengakuan atas status pribadi dan status hukum termasuk kepada anak-anak, salah satunya adalah akta kelahiran. Akta kelahiran merupakan bentuk perlindungan dan pengakuan negara terhadap status hukum anak tentang identitas nama, tempat dan tanggal lahir, orang tuanya, serta kewarganegaraannya.

Masih banyak masyarakat yang minim kesadaran tentang pentingnya akta kelahiran. anak yang tidak punya akta kelahiran kurang terlindungi keberadaannya, masa depannya, dan sulit mengakses pelayanan publik. Anak pun jadi rentan tindakan kriminal, diantaranya perdagangan orang dan juga perkawinan di bawah umur. 

Selain sebagai identitas anak dan pelindung anak dari tindakan kriminal, akta kelahiran punya segudang manfaat lainnya seperti, syarat pengurusan administrasi kependudukan, pendaftaran masuk sekolah, mendapat tunjangan sosial, bahkan untuk pendaftaran pernikahan dan juga pengurusan hak ahli waris. Dengan begitu secara tidak langsung, Akta kelahiran akan sangat berguna mulai dari usia anak-anak hingga dewasa.

Akta kelahiran bisa dibuat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar  , Syarat pengajuannya pun sangat mudah dan tidak dipungut biaya sama sekali, pemohon hanya tinggal membawa akta nikah asli, kartu keluarga, fotokopi KTP ayah dan ibu serta surat keterangan lahir dari bidan, dokter, maupun rumah sakit dan foto Copy KTP 2 Orang Saksi.

Dukcapil juga sudah memberikan pelayanan terintegrasi, jadi pemohon yang meminta satu dokumen bisa dapat tiga bahkan enam dokumen sekaligus. Untuk pemohon akta lahir, selain mendapat akta kelahiran anak, sekaligus diberikan KK dan Kartu Identitas Anak (KIA). Program tersebut dilakukan karena pemerintah berkomitmen agar setiap anak di Indonesia bisa mendapatkan hak kependudukannya sebagai warga negara Indonesia sepenuhnya. Dengan demikian, anak-anak menjadi individu yang berkualitas guna mendapatkan generasi Indonesia yang lebih baik

Pelayanan disdukcapil karanganyar sekarang lebih mudah dan cepat melalui Aplikasi Paklay Komplit tidak perlu datang jauh-jauh ke disdukcapil karanganyar, ckup datang langsung saja ke kantor Balai Desa Nanti di setiap desa di kabupaten karanganyar sudah ada Petugas/Admin Desa Masing-masing.

AKTA KEMATIAN

Akta kematian adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang berada di wilayah yang bersangkutan. Akta kematian penting dalam proses administrasi dan hukum, serta memiliki nilai penting dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Akta Kematian

Manfaat utama dari Akta Kematian

  1. Pembuktian Kematian secara Hukum
  2. Pengurusan Warisan/hutang piutang
  3. pengurusan pensiun
  4. pengurusan tunjangan keluarga
  5. pengurusan taspen/asuransi
  6. pencairan dan tabungan di bank
  7. persyaratan perkawinan lagi bagi pasangan yang ditinggal mati
  8. perubahan status sebagai penduduk

 

Persyaratan pengurusan Akta Kematian

  1. Surat Kematian dari Dokter/Kepala Desa/Lurah
  2. KK dan KTP asli yg meninggal
  3. Formulir Pelaporan Kematian (F2.01)

BAGI PENDUDUK YANG TIDAK TERDAFTAR DI DATABASE KEPENDUDUKAN, HARUS DISERTAI DOKUMEN PENDUKUNG YAITU KK/KTP LAMA/SURAT NIKAH/IJAZAH, DISERTAI SPTJM KEBENARAN DATA KEMATIAN

KEPENGURUSAN AKTA KELAHIRAN DAN AKTA KEMATIAN TIDAK DIPUNGIT BIAYA ( GRATIS )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *