Press "Enter" to skip to content

Sejarah

Desa Sambirejo dahulunya merupakan wilayah Kerajaan Surakarta (Mangkunegaran) dengan leluhur pendiri adalah WIRYO SAKSONO. Peninggalan atau lokasi petilasan terdapat di Dukuh Dukuhan yang dijadikan cagar budaya Desa Pohon Sambi. Kebudayaan Desa Sambirejo yang masih lestari hingga saat ini di antaranya adalah:

  1. Upacara Bersih Desa
  2. Upacara Adat Pernikahan

Kesenian yang terdapat di Sambirejo antara lain:

  1. Musik Lesung
  2. Rebana

Sejarah Desa

Pada Tahun 1937 Kepala Desa dijabat oleh Siswo Sasono  dengan Sekretaris Desanya adalah Sugino. Pada sekitar tahun 1980-an Kepala Desa Sambirejo dijabat oleh Sarkawi dengan yang menjabat Sekdes tetap Sugino.

Pemilihan Kepala Desa sekitar tahun 1990-an yang dipercaya untuk menjabat Kepala Desa adalah Drs. Suparno dengan Sekdes  Suparman. Selanjutnya pada tahun 2013 diadakan pemilihan Kepala Desa dan yang dipercaya untuk menjabat sebagai Kepala Desa sampai dengan saat ini adalah Bp Suhardi dengan Sekretaris Desa nya adalah tetap Bp. Suparman. Untuk saat ini tahun 2019 Bp. Suparman sudah pensiun yang selanjutnya ada kekosongan Sekdes yang dijabat sementara oleh Purwanto sebagai PLH Sekdes. Saat ini Sekdes definitifnya adalah Bp. Aris Wijayanto.