Press "Enter" to skip to content

Profil Desa

Sambirejo adalah salah satu dari 11 desa yang ada di kecamatan Jumantono, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia. Desa ini memiliki luas sekitar 346,8 km2 yang berarti sekitar 6,48 persen dari luas Kecamatan Jumantono. Dibandingkan desa-desa lain dalam satu kecamatan, luas Sambirejo tersebut menjadi yang terkecil kedua setelah Desa Sukosari.

Secara geografis, Desa Sambirejo terletak di antara desa-desa berikut:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Desa Bolong Kec. Karanganyar
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Desa Tugu Kec, Jumantono
  • Sebelah barat berbatasan dengan Desa Sukosari Kec. Jumantono
  • Sebelah timur berbatasan dengan Desa Blorong Kec. Jumantono

Lokasi Desa Sambirejo tidak begitu jauh dari pusat pemerintahan. Pusat kecamatan dapat diakses dari Sambirejo dengan jarak tempuh perjalanan sekitar 3 km. Sementara untuk menuju pusat kabupaten, jarak tempuhnya sekitar 8 km.

Pembagian wilayah

Desa Sambirejo terdiri atas 4 (empat) dusun yang dapat dirinci sebagai berikut:

  1. Dusun Ngelosari yang terbagi dalam 7  RT
  2. Dusun Kleco yang terbagi dalam 7  RT
  3. Dusun Dondong yang terbagi dalam 6  RT
  4. Dusun Gembong yang terbagi dalam 8  RT

Penduduk

Menurut catatan Dinas Dukcapil yang dimuat dalam Kecamatan Jumantono dalam Angka 2023, jumlah penduduk Desa Sambirejo sebanyak 4.030 jiwa dengan 2.020 laki-laki dan 2.010 perempuan. Dari perbandingan jumlah penduduk laki-laki dan perempuan, didapatkan rasio jenis kelamin 100,96 untuk penduduk Sambirejo. Secara sederhana, hal ini berarti bahwa pada setiap 100 penduduk perempuan terdapat 101 penduduk laki-laki.

Kepadatan penduduk Sambirejo mencapai 1.142 per km2. Dengan kepadatan penduduk di tingkat kecamatan yang hanya 953 jiwa per km2, dapat disimpulkan bahwa Desa Sambirejo termasuk wilayah yang relatif lebih padat dibanding desa-desa lainnya.

Pemerintahan

Saat ini, Desa Sambirejo dipimpin oleh Kepala Desa Bapak Suhardi. Dalam menjalankan tugas pemerintahan, beliau didukung oleh sekretaris desa, 3 kepala seksi, 3 kepala urusan, dan 4 kepala dusun.

Profil Desa Sambireje secara lengkap dapat diunduh melalui tautan berikut ini:
https://s.id/ProfilDesaSambirejo

Comments are closed.