Press "Enter" to skip to content

Program Descan

Badan Pusat Statistik (BPS) kembali menyelenggarakan program Desa Cantik (Descan) di tahun 2023 ini. Adapun tema untuk tahun 2023 adalah “Mendorong Kolaborasi Data untuk Kebijakan Tepat Sasaran.”

Desa tidak lagi dianggap sebagai obyek pembangunan, melainkan ditempatkan sebagai subyek dan ujung tombak pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Saat ini di desa terdapat berbagai sistem aplikasi pendataan (Prodeskel, SDGs Desa, SIK-NG, dst), tetapi kualitas dan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di pemerintah desa dalam hal pengelolaan dan literasi data desa masih relatif rendah.

Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai leading sector dalam pengembangan statistik memiliki peran
penting dalam peningkatan pengelolaan, pemanfaatan dan literasi data di tingkat desa. Selanjutnya, digagaslah program “Desa Cinta Statistik” atau “Desa Cantik” sebagai bentuk pembinaan statistik sektoral di tingkat desa secara berkesinambungan dan komprehensif.

Tujuan

Program Desa Cantik memiliki tujuan umum yaitu:

  1. Meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik
  2. Standardisasi pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik
  3. Optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa/kelurahan tepat sasaran
  4. Membentuk agen-agen statistik pada level desa/kelurahan

Adapun tujuan khususnya yaitu:

  1. Memberikan literasi kepada perangkat desa/kelurahan dalam memahami Regsosek serta data dan indikator yang dicakup, sehingga mampu mensosialisasikan Regsosek kepada masyarakat (Ketua RW/Ketua RT, Dusun dst)
  2. Melakukan identifikasi pemanfaatan data Regsosek untuk kebutuhan desa dalam rangka upaya mengentaskan kemiskinan